Sabtu, 05 Maret 2016

Pantai Jayanti

Pantai Jayanti Cidaun Cianjur, Surga di Kota Kecil

Halo baraya...
Ada yg tau pantai jayanti di cidaun, cianjur? Jangan-jangan gak tau lagi cidaun itu dimana. Jangan khawatir, sekarang kita bahas ni tentang pantai jayanti, kebetulan ini juga tidak jauh dari asal tempat tinggal saya.
Pantai Jayanti merupakan sebuak obyek wisata pantai yang terbilang masih perawan (ting-ting), keindahan alam yang dimiliki oleh pantai ini masih jarang mendapat kunjungaan dari wisatawan, pantai ini hanya ramai saat liburan tiba seperti lebaran dan tahun baru, hal ini disebabkan akses menuju tempat tersebut masih terbatas, kemudian lokasi pantai tersebut jauh dari pusat Kota Cianjur yaitu berada diperbatasan Kabupaten Cianjur dan Garut dan yang paling disayangkan kurangnya perhatian pemerintah Kabupaten untuk mengembangkan kawasan ini.
Pantai Jayanti merupakan sebuah pelabuhan tradisional tempat berlabuhnya para nelayan lokal penduduk setempat. Saat berkunjung ke tempat ini banyak perahu yang bisa kita sewa untuk berlayar ke tengah laut mencoba menantang ombak pantai selatan yang besar (awas tenggelem yah, haha). Fasilitas penunjuang seperti tempat makan tersedia di tempat ini, belum ada hotel berbintang untuk saat ini, dan kabarnya sekarang sudah ada saung-saung (gubuk) untuk berteduh, bisa disewa dan terdapat banyak penginapan dengan harga murah-meriah dan juga rumah-rumah yang disewakan dengan harga kisaran Rp.50.000,-. Hrga tiket untuk masuk pelabuhan jayanti adalah Rp.5.000,-untuk roda dua dan 15.000,- untuk roda empat.
Pantai ini sangat berdekatan dengan Pantai Rancabuaya dan Santolo Garut, Sekitar 25 menit dari Rancabuaya dan 50 menit dari Pantai Santolo. Jadi jika anda berwisata ke Santolo atau Rancabuaya jangan lupa untuk berkunjung ke Pantai Jayanti.

Alamat Lokasi Pantai Jayanti
Pantai jayanti berada di kawasan Cianjur selatan, yaitu terletak di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa barat, Indonesia.
Jayanti menurut saya adalah anugerah terindah yg dikasih Tuhan buat warga cianjur, khususnya dicidaun. Disamping itu dengan luasnya pantai ini juga terdapat batu-batu/terumbu karang yg besar-besar (bagian timur) dan dataran pasir (bagian barat)  yg nyaman untuk melihat sunset di sore hari.
Jika penasaran dengan keindahan jayanti, saya bagikan sedikit foto-foto yg sudah saya kumpulkan. Mulai dari foto pribadi saya maupun teman-teman di instagram.
Berikut foto-fotonya
Di bagian pelabuhan
Cocok untuk liburan keluarga
Tepi pantai dengan benteng beton untuk mengurangi terkikisnya tanah, hati-hati
Bebatuan atau karang-karang yg besar-besar
Bagian timur yg paling banyak bebatuan besar, dengan pepohonan yg rindang
Sebelum memasuki pantai ada tempat bermain, hmm..
Pemandangan Sunset yg indah
Route Jalan menuju Pantai jayanti - Cianjur
ada tiga rute jalan yang biasa di gunakan oleh pelancong untuk sampai di lokasi pelabuhan jayanti
  1. Melewati jalur Cianjur- Cibeber- Sukanagara- Tanggeng- Sindangbarang- Cidaun- lokasi (pelabuhan Jayanti). Jalur ini bisa di tempuh menggunakan kendaraan umum dan pribadi. untuk kendaraan umum dari terminal Pasirhayam / Jebrod menggunakan angkutan umum mini bus sampai di terminal Cidaun kemudian dilanjutkan naik ojek motor ke lokasi, harga ojeg berkisar antara 5 - 10 ribu. Jarak Terminal Cidaun-Pantai Jayanti adalah 4 km. Rute ini biasa digunakan oleh pengunjung yang berasal dari Jakarta, Bekasi, Bogor serta kota-kota disekitarnya.
  2. Jalur Garut- Pamengpeuk- Santolo- Rancabuaya- Cidaun- Pantai Jayanti, Kondisi Jalan ini terbilang bagus karena melewati jalan lintas selatan Provinsi Jawa Barat, bisa dilewati dengan kendaraan roda empat, namaun sayang untuk saat ini belum ada angkutan umum yang melewati jalur ini. Jalur ini digunakan untuk pengunjung yang berasal dari Garut, Tasik, Ciamis, Kuningan dan sekitarnya.
  3. Jalur Ciwidey- Rancabali- Naringgul- Cidaun- Lokasi Pantai jayanti. Ada angkutan umum untuk jalur ini yaitu angkutan yang melayani perjalanan Ciwidey- Cidaun. Walau jalur ini bisa dilewati oleh kendaraan roda empat namun jalannya tidak sebaik jalan no.2. Jalur ini di gunakan oleh para turis yang bersal dari Bandung dan sekitarnya.


http://gemsor.blogspot.co.id/2015/09/pantai-jayanti-traveler-wajib-datang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar